.ow img{ -webkit-transform:scale(0.8); -moz-transform:scale(0.8); -o-transform:scale(0.8); -webkit-transition-duration: 0.5s; -moz-transition-duration: 0.5s; -o-transition-duration: 0.5s; opacity: 0.7; margin: 0 10px 5px 0; } .ow img:hover{ -webkit-transform:scale(1.1); -moz-transform:scale(1.1); -o-transform:scale(1.1); opacity: 1; }

Kamis, 02 Februari 2012

Plastic Tree


Plastc Tree dibentuk di bulan Desember 1993. Dan setelah berganti ganti drummer beberapa kali, akhirnya formasi akhir Plastic Tree terdiri atas: Ryutaro pada vocal, Tadashi pada bass sekaligus mengambil posisi sebagai pemimpin di band ini, Akira pada gitar,dan Takashi pada drum.

Setelah beberapa singel yang dibagikan secara gratis pada konser mereka di berbagai livehouse, mereka pun merilis mini album perdana mereka yang berjudul, -Strange Fruit- kimyou na kajitsu di tahun 1995. Mini album ini memiliki nuansa yang gelap, dan memiliki influence dari band - band seperti The Cure dan Radiohead yang sangat jelas terdengar.
Di tahun 1997 mereka memulai karir sebagai band major
, dan di tahun yang sama mereka pun merilis album kedua yang berjudul, Hide and Seek. Album ini, begitu juga album ketiga mereka,Puppet Show (dirilis tahun 1998) bisa dibilang merupakan album terbaik Plastic Tree menurut para fans.
Pada bulan September 2000 album keempat mereka "Parade" dirilis. Walaupun album ini bagus, sebagian dari fans lama mereka tidak dapat menghargai apapun dari era’ setelah album ini. Parade memiliki nuansa gelap sama seperti album sebelumnya.
Di Tahun 2001 mereka merilis sebuah album Best of dan sebuah album kompilasi singel mereka yang diberi judul Cut dan Single Collection. Walaupun beberapa lagu di-mix menjadi berbeda, tidak ada lagu baru pada album album tersebut.
Awal 2001 Takashi pun keluar dari band, dan di tahun yang sama Sasabuchi Hiroshi bergabung untuk menggantikan Takashi. Sepertinya hal ini merupakan awal yang baru bagi Plastic Tree. Bukan dikarenakan pergantian drummer ini, tapi juga dikarenakan oleh musik mereka mulai berubah terus dan terus, yang berubah menjadi lebih pop.

Träumerei dirilis di akhir 2002 dan beberapa bulan kemudian sebuah album kompilasi lain Premium Best dirilis.
Di tahun 2003 mereka merilis dua lagu cover dari Baka ni natta no ni dan Moshimo piano ga hiketa nara. Lagu-lagu ini sangat jauh berbeda dari musik Plastic Tree yang Normal’ sehingga para fans lama mereka pun jadi kecewa. Album kelima mereka Shirochronicle kemudian dirilis bulan Oktober di tahun yang sama.
Di tahun 2004 mereka merilis beberapa singel, Yuki Hotaru merupakan rilisan musim dingin, Harusaki sentimental adalah rilisan musim semi, dan Melancholic merupakan rilisan musim panas. Meskipun singel musim gugur tidak pernah dirilis.
Plastic Tree kembali ke akar mereka dengan album ke enam Cell yang dirilis di bulan Agustus. Seorang sound enginer baru yang disewa memberikan nuansa baru pada band ini. Tapi sekarang terlihat bahwa Plastic Tree membuat musik lagi karena mereka menyukainya, bukan karena ingin mendapatkan uang.
Beberapa saat setelah merilis Cell di akhir 2004/awal 2005, band ini mengumumkan bahwa mereka meninggalkan perusahaan rekaman mereka SWEETHEART, dan pindah ke perusahaan rekaman lain J-ROCK. Beberapa perubahan pun dibuat; website official mereka dipindahkan, dan fanclub mereka dirubah namanya dari Sickroom menjadi Jellyfish breed.
Band ini kemudian memberanikan diri mencoba untuk tampil di luar Jepang pada musim panas 2006. Dengan merencanakan tur dunia yang mencakup beberapa konser di Eropa dengan negara: Jerman, Perancis dan Finlandia.  Begitu suksesnya sehingga mereka memutuskan untuk kembali setahun setelahnya dengan tampil di acara Anime Convention Jerman, AnimagiC. Tak lama kemudian, band ini menampilkan konser perayaan ke 10 tahun mereka di Nippon Budokan Tokyo.
Album terbaru mereka berjudul Nega to Posi, sebuah album dimana setiap anggota band ini meletakkan kepuasan pribadi mereka sebagai prioritas utama mereka. Dengan album ini mereka mengemukakan siapa mereka sebenarnya, apa yang mereka wakili, apa sebenarnya Plastic Tree itu, dan hasilnya sungguh menakjubkan! Tak lama lagi, band ini akan kembali ke Eropa, kali ini untuk tur yang lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar